peluang usaha bidaya ikan lele kolamterpal

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele yang Sangat Bombastis!

Peluang Budidaya Ikan Lele yang Sangat Menggiurkan

Buat Anda yang ingin bisnis budidaya ikan lele, sebaiknya pahami terlebih dahulu bahwa memang banyak persiapan yang perlu dilakukan. Anda tidak bisa melangkah tanpa pedoman dan acuan yang jelas. Pastikan Anda juga mendapatkan keuntungan yang besar setelah melakukan hasil panen.

Anda pasti akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar apabila ingin beternak lele menggunakan kolam terpal, sebab memang kolam tanah dan kolam tembok membutuhkan biaya bangunan yang lebih dan cukup mahal. Selain kolam terpal, Anda pun sebenarnya bisa memanfaatkan drum plastik sebagai media penebaran budidaya ikan lele.

Anda harus memahami cara ternak lele yang baik dan benar sehingga kualitas lele yang dihasilkan sangat lah oke. Jangan takut belajar, jika memang Anda adalah pemula yang berkualitas dengan tingkat kegigihan yang sangat tinggi.

Jenis Ikan Lele yang Harus Anda Tahu!

Anda adalah peternak lele yang perlu memahami berbagai jenis lele. Apakah itu lele sangkuriang atau pun lele biasa. Setidaknya jenis lele yang perlu Anda ketahui ialah sebagai berikut:

1. Ikan Lele Dumbo

lele-dumbo

Lele dumbo atau Clarias Gariepenus merupakan ikan lele yang berasal dari Taiwan yang dikembangbiakkan di Indonesia tahun 1985-1986. Lele Dumbo merupakan hasil persilangan dari lele lokal Negara Afrika (Clarias Mosambicus) dan lele lokal asal Taiwan (Clarias Fuscus).

Ukuran lele dumbo lebih besar 2 kali lipat jika dibandingkan dengan lele lokal. Ukuran lele dumbo tentunya lebih pendek serta tumpul, pada bagian sungutnya tentunya relatif panjang dibandingkan dengan jenis lele lokal.

2. Ikan lele lokal

lele-lokal

Ikan lele lokal atau Clarias Batrachus merupakan jenis lele banyak dibudidayakan di area Jawa. Banyak peternak yang meninggalkan budidaya jenis lele lokal karena keuntungannya cukup sedikit.

Tiga jenis lele lokal di Indonesia seperti lele putih, lele hitam, dan ikan lele belang putih-merah. Lele hitam merupakan jenis ikan lele paling banyak dibudidayakan di Indonesia untuk dikonsumsi. Ikan lele putih dan merah banyak dipakai sebagai ikan hias.

3. Ikan Lele Phyton

lele phyton

Ikan lele phyton merupakan ikan lele yang banyak diternak di daerah Kabupaten Pandeglang, Banten sejak 2004. Ikan lele phyton ialah turunan dari persilangan induk betina asli dari Thailand dengan induk jantan lele lokal dan ikan lele dumbo F6. Ikan lele phyton sangat kuat dalam kondisi cuaca dingin sekalipun.

Ikan lele phyton merupakan jawaban dari keluhan masyarakat Desa Banyumundu, Kabupaten Pandeglang yang selalu rugi saat berbudidaya lele dumbo karena cuacanya sekitar 170 C. kini masyarakat setempat menggunakan bibit lele phyton yang sudah dinaungi Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten untuk melakukan pembibitan ini.

4. Ikan Lele Sangkuriang

lele sangkuriang

Ikan lele sangkuriang merupakan ikan lele berkembang biak dari hasil silang antara ikan lele dumbo jantan F6 dengan induk betina F2. Hasil dari perkawinan silang ikan lele sangkuriang menghasilkan ikan lele dengan kualitas unggul sehingga rasa dagingnya lebih gurih.

Ikan lele sangkuriang memang sekilas tampak seperti ikan lele dumbo. Ikan lele sangkuriang memang jika diamati mulutnya lebih monyong. Ukuran ikan lele dumbo biasanya lebih besar dari jenis ikan lele yang lain.

5. Ikan Lele Mutiara

lele-mutiara

Ikan lele mutiara merupakan ikan lele hasil persilangan ikan lele dumbo, ikan lele Mesir, dan ikan lele phyton. Ikan lele mutiara memiliki keunggulan seperti pertumbuhan ikan lele yang per periode 2 bulan biasanya lele yang dipanen sebanyak mungkin sekitar 6 hingga 9 per Kg.

6. Ikan Lele Limbat

lele limbat

Ikan lele limbat memiliki tanda di bagian lendirnya sehingga kesaksian Asia Tenggara sangat jarang digunakan untuk konsumsi, sebagian besar ikan lele limbat siap dengan niatnnya.

7. Ikan Lele Broadhead

lele broadhead

Ikan lele Broadhead merupakan ikan lele asli yang berasal dari Asia Tenggara sehingga banyak dihantam oleh para pebisnis yang lain.

Tips memilih Bibit Ikan Lele

bibit ikan lele

Ada beberapa tips dalam memilih benih lele berkualitas ialah sebagai berikut:

1. Perhatikan Fisik dan Gerakannya

Benih lele berkualitas ukuran tubuhnya proporsional, tidak ada cacat, luka, pucat, dan tubuhnya berwarna cerah mengkilap. Benih lele biasanya sangat sehat, pergerakannya aktif dan lincah, sehingga tidak bergerombol.

2. Ukurannya Bibit Hampir Sama

Benih lele harus seragam, sebab jika tidak maka mengakibatkan lele menjadi tidak serempak dan kanibal. Ikan lele ukurannya besar biasanya memangsa lele lain yang lebih kecil. Ukuran benihnya sepanjang 5 cm, maka batas toleransinya ialah ukuran 4 cm dan 6 cm dari 10 % populasi.

3. Keturunannya Unggul

Induk lele yang unggul merupakan induk dan bukan hasil pemijahan (perkawinan) yang tingkat kekerabatannya tinggi (inbreeding).

4. Tidak Berpenyakit

Pastikan benih lele tidak sakit, apabila sakit harus disembuhkan dengan vitamin, antibiotik, probiotik, dan perlakuan teknis. Sebaiknya gunakan antibiotik yang dosisnya tinggi sehingga bakteri yang sifatnya kebal juga bisa mati.

 

Persiapan Lahan dan Kolam untuk Budidaya Ikan Lele

kolam terpal

Beberapa tahapan lahan dan ukuran pembuatan kolam ialah sebagai berikut:

1. Persiapkan Tanah atau Lahan

Setidaknya kosongkan lahan atau tanah sepanjang 2 x 5m, kemudian keruk atau gali tanah hingga dalamnya 50 cm. Terpal bisa menahan beban air, dengan cara membersihkan tanah dengan meratakannya, kemudian pada area kolam dibuat cerukan kecil memanjang.

2. Pembuatan Rangka Bambu

Lahan yang sudah siap untuk pembuatan bamboo bisa dibuat rangka setinggi 1m dengan pola pagar. Sebaiknya ukuran rangka dibuat sepangjang 5 x 2 x 1,5m (P x L x T, kemudian pasang terpal. Persiapkan Terpal untuk pembuatan di lahan sempit.

Ambil terpal yang ukurannya 5 x 8m, lalu bersihkan dengan air dan gosok dengan lap secara berulang kali agar zat kimia yang menempal di terpal terbuang, tapi jangan gunakan sabun. Pasang terpal sesuai rangka bambu secara hati-hati agar tidak bocor, kemudian isi saja dengan air.

3. Pemupukan Kolam

Pastikan kondisi air ideal untuk media hidup lele, dengan melakukan pemupukan air dengan PH yang sesuai untuk kebutuhan lele. Caranya ialah memakai kotoran kambing dan herbal. Larutan diaduk dan biarkan selama 8 hari.

Kolam terpal bisa digunakan untuk pengembangan lele secara biasa atau pun sistem bioflok. Sistem ini justru menggunakan cara tanpa pakan.

Persiapan Pasar Penjualan Lele

Pemasaran Ikan Lele

Ada banyak sasaran pasar yang mau menerima hasil cepat panen budidaya ikan lele Anda ialah sebagai berikut:

1. Persediaan untuk Restoran

Anda bisa menawarkan hasil panen lele kepada penjualan restoran.

2. Persediaan untuk Penjual Rumah Makan atau Pecel Lele

Anda bisa menjual ke penyedia pecel lele atau pecel penyet.

3. Bekerjasama dengan Supermarket

Anda bisa bekerjasa dengan super market.

4. Bekerjasama dengan Pengepul

Anda juga bisa bekerjasama dengan para pengepul.

Analisa Usaha Ternak Lele

Analisa Usaha Ternak Lele

Anda bisa melakukan analisa usaha atau biaya ternak lele kolam terpal untuk mendapatkan hasil panen yang berlimpah ialah sebagai berikut:

1. Modal Tetap Budidaya Ikan Lele

  • Sewa lahan per satu tahun = Rp 1.000.0000,00
  • Pengadaan kolam terpal = Rp 500.000,00
  • Total = Rp 1.500.000,00

2. Biaya Opersional Budidaya Lele

  • Pakan hingga 3 bulan = Rp 500.000,00
  • Benih lele = Rp 100,00 x 5000 ekor = Rp 500.000,00
  • Vitamin = Rp 100.000,00
  • Peralatan tambahan = Rp 150.000 ,00
  • Total = Rp 1.150.000,00

3. Keuntungan Budidaya Ikan Lele

Anda bisa menghitung potensi keuntungan sebagai berikut:

  • Penyusutan ikan lele sekitar 10% dari 5.000 ekor = 500 ekor, sehingga 4.500 ekor lele bisa dipanen, per Kg misalnya ada 6 ekor lele, berarti 4.500/6 = 750 Kg.
  • Penghasilan = Rp 10.000,00 x 750 Kg = Rp 7.500.000,00
  • Keuntungan = Rp 7.500.000 – Rp 1.150.000 = Rp 6.350.000,00

Usaha lele merupakan usaha budidaya ikan yang cukup menjanjikan. Peluang pasar cukup luas karena lele memang merupakan usaha bisnis yang yang diminati banyak orang. Semua usia mau mengkonsumsi ikan lele sehingga sangat nikmat. Anda pun bisa memanfaatkan momen budidaya ikan lele untuk hasil yang lebih maksimal.

Bagi Anda yang ingin membeli kolam terpal bulat untuk budidaya ikan lele agar hasil melimpah, kami menyediakan kolam terpal siap pakai berkualitas tinggi.

Hubungi kami di :

Telp/WA  : 085784245387

Email        : hubungikonstruksikolamterpal@gmail.com

Website    : KonstruksiKolamTerpal.net

Apakah Artikel ini Bermanfaat bagi Anda?