Informasi Harga Kolam Terpal Bulat

Harga Kolam Terpal Bulat Siap Pakai untuk Budidaya Ikan Lele

Kolam Terpal – Untuk memulai usaha budidaya ikan lele, pilihan budidaya menggunakan media kolam terpal akan memudahkan sekaligus juga menguntungkan Anda.

Sebagai permulaan bisnis dengan modal yang terbatas, kolam lele dari terpal bioflok untuk budidaya lele bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Anda bahkan bisa menghemat anggaran untuk pengerjaan dan proses pembersihan daripada mengeluarkan terlalu banyak budget untuk membangun dan memelihara ikan di kolam dari batako kolam tanah. 

Kolam terpal yang digunakan sebagai media kolam budidaya ikan lele bisa berupa kolam terpal bulat atau kolam terpal persegi.

Jika dibandingkan berdasarkan kuantitas ikan lele di dalam kolam serta kualitas ikan hasil panen, maka media kolam terpal bundar lebih cocok diaplikasikan.

Kolam terpal bundar dapat menampung lebih banyak benih ikan lele, meskipun kurang menghemat tempat karena kolam terpal  bundar tidak bisa ditempatkan terlalu dekat antar kolam atau saling berdempetan satu dinding seperti kolam terpal persegi.

Persiapan media kolam untuk budidaya ikan lele dan proses pengerjaannya sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama. Pembuatan kolam terpal bisa dilakukan sendiri dengan menyiapkan perlengkapan yang sangat mudah didapatkan, atau dengan menyewa jasa pembuat kolam terpal yang biasanya ditawarkan oleh supplier terpal kolam.

Yang penting diperhatikan beberapa cara yang harus dilakukan sebelum membuat kolam terpal bulat adalah:

  1. Menghitung luas lahan dan kolam yang dibutuhkan.
  2. Memilih bahan terpal yang kualitasnya bagus: berbahan cukup tebal dan kuat, serta tahan lama atau tidak mudah rusak karena tekanan air dan sinar matahari.
  3. Memastikan media kolam terpal yang dibuat lokasinya tidak jauh dari sumber air.
  4. Membuat pondasi beton di sekeliling kolam agar kolam terpal bulat tidak mudah bergeser.
  5. Membuat saluran pembuangan dari kolam untuk menjaga kebersihan kolam dan kesehatan ikan lele yang dibudidaya.

Jika budidaya ikan lele ini merupakan hal baru bagi anda, maka anda sebaiknya mempertimbangkan dan menghitung dahulu berapa banyak kebutuhan hasil panen budidaya ikan lele yang diharapkan.

Apabila menginginkan hasil panen budidaya dalam jumlah besar, maka kolam yang dibuat sebaiknya kolam terpal bulat, dengan diameter minimal 3 sampai 5 meter dan tinggi kolam 1,2 meter, untuk penerapan budidaya ikan lele dengan system bioflok.

Memilih budidaya ikan lele dalam kolam terpal bulat memang telah terbukti memberi cukup banyak keuntungan, diantaranya:

  • Kolam terpal bulat lebih mudah dan cepat proses pembuatannya, serta tidak membutuhkan biaya pembuatan sebanyak untuk membuat kolam batako.
  • Kebersihan kolam terpal bulat lebih terjaga karena saluran pembuangan bisa dibuat landai tepat di bagian tengah dasar kolam.
  • Hasil panen ikan lele dalam kolam terpal bundar lebih sehat dan tidak berbau lumpur atau tanah karena kemungkinan terserang hama atau penyakit dari tanah sangat kecil.
  • Kolam bulat lebih efektif untuk penerapan tebar benih padat tinggi, yakni sekitar 400 hingga 1000 ekor ikan per kubik air, atau sistem bioflok, sehingga menghasilkan panen ikan lele yang lebih banyak.
  • Air dalam kolam terpal bundar bisa berputar lebih merata dan suhu air di dalam kolam lebih stabil, terutama jika kolam juga dipasangi pompa air atau aerator.

Cara pembuatan kolam terpal

Untuk membuat kolam terpal bulat, berikut ini sejumlah perlengkapan penting yang perlu disiapkan:

  • Bahan terpal untuk media kolam dan karpet talang untuk dinding kolam bisa menggunakan terpal korea, terpoly, atau terpal karet yang kuat dan tahan tekanan air sampai jangka waktu yang cukup lama.
  • Besi wiremesh untuk kerangka kolam minimal ukuran 7 mm. Panjang dan tingginya bisa disesuaikan dengan luas kolam terpal bulat yang akan dibuat. Agar rangka kolam lebih tahan lama, sebaiknya lapisi dulu besi wiremesh dengan cat besi sebelum dipasang.
  • Pipa berukuran 1-2 inci untuk saluran pembuangan dari tengah kolam ke luar kolam. Panjang pipa saluran pembuangan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketinggian kolam terpal bulat.
  • Pompa air atau aerator untuk membantu meningkatkan kadar oksigen dan menjaga kualitas air tetap bersih di dalam kolam terpal bulat.
  • Kabel ties untuk mengikat atau merapatkan sambungan.

Ketika membeli bahan terpal untuk kolam bulat, sebaiknya anda mencari supplier terpal yang lengkap yang telah menyediakan beragam ukuran terpal kolam siap pakai, sehingga anda tidak perlu kerepotan memotong sendiri bahan terpalnya sekaligus lebih menghemat tenaga dan juga waktu.

Umumnya terpal untuk kolam bulat yang telah disediakan supplier juga telah dilubangi di bagian tengah dasar untuk tempat pipa saluran pembuangan kolam.

Jika anda ingin mengerjakan pembuatan kolam bioflok ini sendiri, berikut ini cara sederhana dan mudah dalam membuat kolam bulat:

  1. Besi wiremesh dibentuk melingkar sebagai kerangka dinding kolam. Kemudian siapkan juga besi wiremesh dengan posisi berdiri sebagai penyangga kolam. Lalu satukan kerangka dinding dan penyangga dengan las.
  2. Buat pondasi di sekeliling kolam agar kerangka kolam terpal bundar lebih kuat dan tidak mudah bergeser.
  3. Bagian dasar kolam dibuat landai dan mengerucut ke bagian tengah untuk tempat saluran pembuangan kolam.
  4. Setelah itu, pasang pipa PVC diameter 1 atau 2 inci di tempat saluran pembuangan kolam.
  5. . Pasang karpet talang mengelilingi bagian dalam kerangka besi wiremesh, kemudian rapatkan dengan menggunakan kabel ties.
  6. Jika terpal yang dibeli belum diberi tanda atau lubang di tengah untuk saluran pembuangan, maka buatlah lubang tepat di bangian tengah terpal sebagai tempat pemasangan pipa saluran pembuangan.
  7. Kemudian, pasang media terpal membentuk kolam bundar mengikuti kerangka kolam yang telah dibuat.
  8. Isi kolam dengan air
  9. Untuk budidaya lele sistem bioflok, jangan lupa memasang aerator atau pompa air sebagai alat bantu meningkatkan kadar oksigen dan menjaga kualitas air kolam.
  10. Biarkan kolam selama 1-2 hari sebelum benih ikan lele dimasukkan. Kurun waktu ini bisa juga digunakan untuk menumbuhkan biotik alami kolam sebagai sarana adaptasi ikan dan pakan ikan lele.

Harga Kolam Terpal Bulat Bioflok Lengkap dengan Karet dan Rangka

Harga kolam terpal bioflok karet siap pakai dengan bahan terpal untuk kolam tentunya berbeda.

Jika anda membeli kolam terpal karet siap pakai, lengkap dengan rangka besi wiremesh, anda akan membutuhkan budget sekitar 1,2 juta hingga 2,8 juta rupiah. tergantung diameter yang digunakan. anda bisa lihat harga kolam terpal di konstruksikolamterpal.net.

Harga kolam terpal karet siap pakai ini biasanya dibedakan berdasarkan diameter kolam dan ukuran kerangka yang dibutuhkan.

Namun modal awal untuk membeli perlengkapan kolam terpal bundar ini merupakan investasi yang sangat terjangkau karena hasil panen budidaya ikan lele dalam kolam terpal bulat jelas memberi anda keuntungan yang relatif besar.

Untuk pengembangan usaha budidaya ikan lele dalam kolam terpal, anda bisa menambahkan jumlah kolam terpal bulat dengan diameter yang lebih besar.

Jika Anda membutuhkan unit kolam terpal lengkap siap pakai atau terpalnya saja, Anda bisa menghubungi kami disini 0857-8424-5387.

Apakah Artikel ini Bermanfaat bagi Anda?