Ini Cara Budidaya Ikan Nila Paling Mudah!

Tips Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Bagi masyarakat perkotaan yang punya tempat terbatas, alangkah bijaknya untuk memilih media budidaya ikan yang cocok, yaitu kolam terpal. Bagi masyarakat pedesaan yang ingin meningkatkan hasil panen serta meminimalisir pengeluaran biaya, sebaiknya juga bisa menggunakan kolam terpal ini. Apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara menggunakan kolam terpal yang baik? Berikut akan dibahas secara lebih mendalam.

Cara Budidaya bagi Pemula

Zaman sekarang tentu sudah sangat jelas bahwa berbudidaya ikan nila semakin menguntungkan. Tak heran banyak orang, bahkan anak muda yang beralih ke bidang ini. Selain bisa untuk dikonsumsi pribadi, tentu saja bisa dijadikan lahan bisnis baru bagi pemula. Lalu bagaimana cara budidaya ikan nila yang bagus bagi pemula? Berikut beberapa hal yang disarankan:

  1. Bertanya lebih dulu kepada ahlinya. Tidak perlu sampai harus pergi menemui pakar di bidang budidaya ikan nila, tapi cukup dengan mendatangi orang terdekat yang sudah pernah menjalankan bisnis ini sebelumnya.
  2. Mencari informasi sebanyak mungkin. Setelah bertanya, tentu akan ada banyak informasi yang didapatkan. Tapi jangan cepat mengambil semua informasi tersebut. Cukup disimpan saja lalu dibandingkan dengan informasi dari orang yang lain lagi.
  3. Mencari lahan untuk budidaya. Untuk budidaya ikan nila tentu harus memiliki lahan. Jika dulu masih harus mencari lahan dan membuatnya sendiri dengan cara menggali, tapi sekarang sudah tidak lagi. Ada produsen kolam ikan yang terbuat dari terpal. Kolam terpal ini sangat jauh lebih mudah dalam pengoperasian, apalagi bagi pemula.

Memilih Benih Ikan Nila yang Baik

Hal penting lainnya dalam melakukan budidaya ikan nila tentu saja adalah memilih benih ikan yang baik atau sesuai dengan lahan yang kita miliki. Berikut beberapa tips dalam hal memilih benih ikan:

  1. Pergilah ke tempat penjual benih ikan. Di sini biasanya menyediakan berbagai macam benih ikan, termasuk ikan nila. Di tempat ini juga harga yang diberikan bisa menjadi sedikit mirip bila mengambil dalam jumlah banyak.
  2. Jangan membeli karena asal murah. Walaupun harga murah memang yang diinginkan semua orang, tapi hati-hati bila ada yang menawarkan harga terlalu murah. Bisa saja benih ikan yang ditawarkan malah tidak sesuai harapan.
  3. Lebihkan dalam pembelian. Setelah mendapat benih ikan nila yang sesuai kriteria, jangan lupa untuk melebihkan jumlah pembeliannya. Ini untuk mengantisipasi benih ikan yang gagal panennya.
  4. Sesuaikan jumlah dengan besar kolam. Meski dianjurkan untuk membeli lebih, tapi jangan sampai terlalu banyak juga. Ini untuk mengantisipasi tidak berkembangnya ikan karena terlalu penuh dalam satu kolam. Maka sebaiknya ukur dulu kolam ikan agar sesuai dengan banyaknya benih yang dibeli.

Cara Membuat Ikan Nila Cepat Besar

Walaupun terlihat sepele, sebenarnya ada beberapa aturan dan cara mengenai proses pertumbuhan ikan agar cepat besar dan siap panen.

  1. Beri makan secukupnya. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Bila terlalu banyak, tentu ikan lebih sering mengeluarkan kotoran dan akan berpengaruh pada ekosistem dalam kolam. Bila terlalu sedikit, ikan n
  2. ila ada kemungkinan akan tidak bertumbuh.
  3. Beri makan secara rutin. Selain mengontrol banyaknya makanan yang diberikan, jangan lupa untuk memberi makan secara rutin. Jangan terlalu sering dan yang terpenting, jangan samapi lupa memberi makan.
  4. Jaga ekosistem kolam. Rajin-rajinlah membersihkan kolam, walaupun mungkin itu pekerjaan ayng membosankan. Tapi itu penting untuk pertumbuhan ikan nila.
  5. Lakukan perawatan pada kolam. Selain membersihkan kolam, ada juga jenis perawatan yang lain, seperti pengecekan kebocoran pada kolam. Sangat direkomendasikan untuk memilih kolam terpal yang memudahkan proses perawatan, seperti pada situs konstruksikolamterpal.net.

Cara Pemeliharaan Ikan Nila yang Benar

Bagaimana cara memelihara ikan nila yang benar, terkhusus pada media kolam terpal? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Sudah sedikit disinggung di atas tentang pemberian pakan ikan. Cara yang baik adalah memilih pakan atau pelet yang mengandung protein tinggi, sekitar 25%. Memang ini menjadi bahan pertimbangan karena harga yang dikeluarkan akan cukup tinggi.
  2. Mengelola air. Air dalam kolam ikan nila perlu diganti secara rutin untuk sekaligus membersihkan kolam tersebut. Apalagi ikan nila akan semakin nyaman bila dapat hidup di air yang bersih.
  3. Menjaga dari penyakit. Penyakit ikan tentu saja ada beberapa macam. Penyakit ini bisa timbul akibat lingkungan atau ekosistem dalam kolam yang kurang bagus. Bisa juga timbul akibat pakan yang kurang baik. Maka hindarilah semua itu.
  4. Menjaga dari hama. Hama juga bisa muncul akibat kelalaian dalam melakukan perawatan kolam ikan.
  5. Meletakkan pada tempat yang terkena cukup sinar matahari. Mungkin tidak banyak yang menyadari hal ini, tapi bisa mendapat sinar matahari yang cukup akan membuat perkembangan ikan nila menjadi lebih baik.

Perhatikan Kualitas Air dan PH Air Kolam Ikan Nila

Pernahkan terpikirkan bagi kita semua bahwa air yang digunakan sebagai media hidup ikan nila, harus memiliki kualitas dan kadar Ph yang pas? Ya, ternyata hal ini juga penting. Kualitas air yang bagus adalah yang jernih, tidak keruh, dan kalau bisa ada semacam air mancur kecil yang memungkinkan terjadinya perputaran air.

Jika kualitas air terjaga, maka kualitas ikan nila pun semaki baik. Jangan sampai terdapat H2S dan CO2 yang terlalu tinggi pada air. Salah satu cirinya adalah air dalam kolam mulai berbau tak sedap. Jika ini terlanjur terjadi, segera ganti air dalam kolam agar pertumbuhan ikan nila tidak terancam.

Membuat Kolam Ikan di Rumah

Saat ini ada cara mudah untuk membuat kolam ikan di rumah. Caranya dengan menggunakan kolam terpal yang bisa disesuaikan dengan lahan di belakang ataupun depan rumah. Seperti kolam produksi konstruksikolamterpal.net yang berukuran mulai dari diameter 2 meter hingga sesuai keinginan konsumen. Kolam terpal ini sangat unggul dari beberapa sisi, yaitu:

  1. Tahan lama. Karena memakai bahan terpal premium dengan kualitas teratas, maka kolam terpal ini bisa dipakai sampai bertahun-tahun tanpa diganti. Apalagi dengan begitu, biaya perawatan kolam pun bisa dipangkas untuk digunakan pada hal lain.
  2. Lebih bersih. Tempat pembuangan air pada kolam terpal ini sudah dipusatkan pada satu abgian, sehingga lebih bersih dan lebih mudah dalam pembuangan dan penggantian air. Apalagi dengan begitu kualitas air dalam kolam ikan ini semakin terjaga dengan baik.
  3. Minim Kanibalisme ikan. Maksudnya adalah ikan bisa saja menjadi saling memakan dan melukai karena keadaan dalam kolam yang kurang baik. Tapi tidak jika menggunakan kolam terpal produksi terbaik ini. Nihilnya sudut mati pada kolam membuat ikan bergerak leluasa dalam kolam dan bisa meningkatkan kemungkinan keberhasilan panen.
  4. Oksigen terjaga. Perkembangan ikan dalam kolam bisa didapatkan bila adanya cukup oksigen dalam kolam. Hal ini bisa diberikan oleh kolam terpal ini.

Tips Cara Memelihara Ikan Nila yang Baik

Beberapa tips di bawah ini bisa menjadikan pemula berhasil dalam memeliha ikan nila:

  1. Gunakan air tawar yang jernih, bukan air laut. Pilihlah air dari PAM atau bisa juga dari dumur bor yang terjamin kualitasnya.
  2. Pastikan letak pembuangan air pada kolam terpal yang sudah dibeli. Hal ini penting karena sebagai saluran pembersihan air kolam terpal.
  3. Saat membersihkan kolam terpal, gunakanlah bahan alami untuk menghilangkan bahan kimia yang bisa saja menempel pada kolam tersebut. Jangan sampai bahan kimia yang berbahaya masih menempel pada kolam terpal dan memengaruhi pertumbuhan ikan.
  4. Setelah membersihkan kolam terpal, keringkan dulu di bawah sinar matahari langsung untuk membersihkannya secara utuh. Diamkan selama satu hari penuh sebelum digunakan kembali.
  5. Letakkan kolam terpal dekat dengan tempat penampungan air atau bisa juga sumber langsung air.
  6. Pastikan ukuran kolam terpal saat membelinya dan saat pemasangan. Jangan sampai terjadi perbedaan karena akan memengaruhi banyaknya benih ikan yang sudah dibeli sebelumnya.

Contoh Kolam Ikan Nila

Kolam ikan nila yang terbuat dari terpal pada umumnya berbentuk bulat. Contohnya saja yang dijual pada konstruksikolamterpal.net. Masih ada beberapa contoh lain yang disajikan oleh produsen kolam terpal ini. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Berbentuk bulat dengan diameter 2 meter. Ukuran ini dirasa cocok bagai lahan sempit, terutama bagi orang yang ingin berbudidaya ikan nila di lahan sempit, seperti di perkotaan.
  2. Ada juga yang berdiameter 3 meter yang merupakan favorit banyak orang. Karena ukuran yang tidak terlalu kecil da tidak terlalu besar, maka perawatan ikan nila dalam kolam ini menjadi lebih fleksibel. Apalagi kolam terpal ini sudah dlengkapi dengan semuanya atau bisa dikatakan fullset dan siap pakai.
  3. Kolam terpal berdiameter 4 meter merupakan contoh kolam ikan nila yang lumayan besar. Bagi pemula yang langsung ingin budidaya ikan nila tidak tanggung-tanggung, kolam ini sangat dianjurkan. Harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar 2 juta rupiah saja.
  4. Kolam dengan diameter 5 meter. Kolam terpal ini tentu akan sangat cocok bagi pebisnis yang sudah sangat yakin terhadap perhitungan bisnis ikan nila ke depannya. Ukurannya yang besar tentu saja memunngkinkan banyaknya jumlah ikan nila yang bisa ditampung, dan juga dipanen nantinya.

Sesuaikan Ukuran Kolam dengan Jumlah Ikan

Hal terakhir masih perlu ditekankan adalah menyamakan ukuran kolam terpal dengan jumlah ikan. Misalnya saja ingin ukuran kolam 1000 ekor ikan nila, maka harus diperkirakan untuk memilih diameter kolam yang cukup besar, sekitar 5 meter.

Begitu pula sebaliknya. Jika sudah memilih kolam dengan diameter yang 2 meter saja, maka sesuaikan jumlah ikan sekitar 200 ekor saja, misalnya. Yang penting, sebelum panen harus terus diperhatikan pertumbuhan ikan. Bila sudah terlanjur memelihara ikan kebanyakan, maka masih bisa diakali dengan cara memindahkan sejumlah ikan nila di kolam terpal yang baru.

Kolam terpal sangat disarankan bila ingin berbudidaya ikan nila. Apalagi bagi seorang pemula yang belum berpengalaman. Tetap disarankan untuk meminta bantuan dari pusat pelayanan penyedia kolam terpal terpercaya, contohnya konstruksikolamterpal.net atau bisa langsung anda hubungi melalui nomor telepon 085784245387 untuk pembelian kolam terpal bulat. Tak ada salahnya bertanya terlebih dahulu sebelum menyesal di kemudian hari.

Apakah Artikel ini Bermanfaat bagi Anda?