Kolam Terpal untuk Ikan Gurame dan Nila

Sering pergi ke pemancingan atau sekedar melihat perkembangan harga ikan? Pasti sudah tahu kan jika harga ikan nila dan ikan gurame kini semakin naik? Tingginya harga ikan tersebut karena banyaknya permintaan pasar. ikan gurame

Banyak orang yang mungkin bertanya, apa rahasianya agar budidaya ikan nila dan gurame selalu sukses dan menghasilkan banyak panen? Jawabannya ialah pemakaian kolam terpal bulat. Kolam terpal merupakan terobosan terbaru dari berbagai macam jenis kolam yang dipakai dalam budidaya ikan.

Kolam terpal juga ada yang berbentuk kotak dan bulat. Ada baiknya Anda menggunakan yang bentuknya bulat karena sangat irit lahan. Kolam ikan yang bentuknya bulat memiliki keuntungan dalam mencegah kematian ikan karena adanya garis lancip bisa menimbulkan adanya benturan saat ikan banyak bergerak.

Tips Sukses Budidaya Ikan Nila dan Gurame di Kolam Terpal Bulat

Bagi Anda yang memiliki lahan kosong di sekitar rumah, bisa dimanfaatkan untuk melakukan budidaya ikan nila dan gurame di kolam terpal. Terlebih jika Anda tidak memiliki modal yang besar untuk memulai usaha. Tidak ada kata mustahil, jika kita mau berusaha. Kunci seorang pembudidaya ikan yang masih pemula yaitu dengan memulai usaha dengan penuh semangat.

kolamterpal di lahan sempit

Jika menggunakan kolam tanah tentunya Anda perlu menyediakan lahan yang lebih luas. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit karena harus membuat kolam dan melakukan perawatan. Persiapan sebelum melakukan budidaya ikan juga bisa dipersingkat jika Anda mantap menggunakan kolam berbahan terpal.

Kualitas ikan nila dan gurame yang dihasilkan dari kolam terpal bulat lebih berkualitas jika dibandingkan dengan menggunakan kolam jenis lain. Ada baiknya Anda membeli terpal dari supplier terpal khusus pembuatan kolam. Ada banyak supplier yang menyediakan kolam terpal siap pakai sehingga lebih memudahkan usaha Anda.

panen ikan gurame di kolam terpal

Ada beberapa tips sukses yang bisa membuat Anda lebih percaya diri dalam berjuang menjadi pembudidaya ikan nila dan gurame menggunakan kolam terpal . Tips tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Terpal sebaiknya dibersihkan menggunakan sabun untuk menghilangkan lem dan bahan kimia yang menempel pada terpal. Lem dan senyawa kimia bisa membunuh ikan yang dipelihara. Setelah disabun, dibilas, dan dikeringkan minimal 1 hari penuh.
  2. Sebaiknya pilih lahan sisa di pekarangan rumah yang langsung terkena sinar matahari dan dekat dengan sumber air bersih.
  3. Ukuran kolam disesuaikan dengan banyaknya benih ikan nila dan ikan gurame yang disebar. Jangan sampai terlalu banyak dan melebihi batas karena akan mengganggu pergerakan ikan. Ikan yang sulit bergerak juga bisa mengalami kematian.
  4. Belilah benih ikan berkualitas di tempat penjual benih yang sudah profesional dan mau menjamin kualitas benih ikannya.
  5. Pastikan Anda menggunakan air tawar yang bersih agar ikan tidak mati karena menggunakan air yang sudah terkontaminasi zat yang berbahaya. Tambahkan pelet yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Hal ini agar ikan nila dan gurame berkualitas dan gurih jika disantap.
  6. Jangan lupa memastikan ada atau tidaknya saluran pembuangan kolam terpal agar mudah mengganti air di dalam kolam.

Penggunaan kolam berbahan terpal dan berbentuk bulat memang sangat direkomendasikan bagi para pembudiaya yang masih pemula. Alasannya karena lebih simpel dalam mengganti air atau memastikan kebersihan kolam.

Anda bisa membeli kolam terpal berbentuk bulat di penyedia yang sudah berpengalaman. Biasanya penjual sudah memasang tarif berdasarkan ukuran diameternya. Bagaimana tertantang mencoba budiaya ikan nila dan gurame menggunakan kolam terpal lele ?

list harga kolam terpal bulat