Jual Kolam Terpal dan Rangka Siap Pakai

Jual Kolam Terpal Karet Berbentuk Bulat

Halo para pecinta budidaya ikan mana suaranya? Pasti kalian membutuhkan jasa jual kolam terpal kan? Kolam terpal ibarat perkembangan di dunia budidaya ikan yang memiliki manfaat sangat baik. Keunggulan kolam terpal ialah pada peningkatan hasil panen yang melimpah dan penurunan kematian ikan.

Kita sudah banyak melihat dan mendengar perkembangan budidaya ikan tawar yang semakin menarik di pasaran. Baik itu budidaya ikan patin, ikan koi, ikan gurame, ikan sidat, ikan gabus, dan berbagai macam jenis lainnya. budidaya ikan nila di kolam terpal

Supaya Anda mendapatkan kolam terpal yang berkualitas, tentunya Anda perlu memilih penjual kolam terpal yang sudah profesional. Penjual terpal yang sudah profesional biasanya sudah terkenal di berbagai kota baik itu Kota Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Malang, Kediri, dan Jogja.

Permintaan ikan di pasaran juga semakin menggiurkan bagi para pelaku budidaya ikan air tawar. Budidaya ikan air tawar menggunakan metode kolam terpal sudah terbukti lebih baik dari kolam tanah, kolam semen, drum, dan lain sebagainya.

Misalnya yang terjadi pada budidaya ikan lele yang memiliki waktu panen cukup singkat yaitu hanya sekitar 2 bulan. Sehingga budidaya ikan lele sangat dianjurkan menggunakan kolam terpal karet. Kolam terpal memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk membuat kolam semen dan kolam tanah. Harga kolam terpal per meter siap pakai 2017 tentunya beragam sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Keuntungan Membeli Kolam Terpal Karet Bulat

1.Harga Kolam Terpal Lebih Murah

Tidak bisa dipungkiri lagi, usaha apapun selalu mengedepankan keuntungan. Jika pembudidaya cerdik untuk mensiasati biaya kolam, tentunya kolam terpal menjadi solusi jitu. Harga kolam terpal per meter siap pakai 2017 kini banyak dicari oleh para pembudidaya ikan yang masih pemula maupun yang sudah profesional.

jual kolam terpal bulat

Kolam terpal karet bulat harganya sekitar Rp 800.000,00 sampai Rp 2.000.000,00. Tapi harga tersebut masih dibedakan beradasarkan variasi bergantung dengan diameter dari kolamnya sendiri. Bagaimana sobat? Tertarik? Harga tersebut ibarat biaya investasi yang sangat terjangkau untuk menuju keuntungan besar yang akan diterima nantinya.

2.Hasil Panen Ikan Lebih Berkualitas

Sudah banyak pembudidaya ikan tawar yang sukses membuktikan bahwa hasil panen ikannya memiliki kualitas yang lebih baik jika menggunakan kolam terpal karet bulat. Makanya tak heran banyak sekali jasa jual kolam terpal yang ikut kebanjiran rezeki dan keuntungan yang membludak karena permintaan dari para peternak ikan sungguh banyak. hasil panen dengan kolam terpal

Misalnya saja pada hasil panen lele yang menggunakan kolam terpal bulat rasanya lebih gurih karena tidak berhubungan langsung dengan tanah. Kolam tanah tentunya akan membuat hasil ikan berbau lumpur. Apalagi kalau menggunakan kolam semen? Tentu lebih tidak sehat lagi hasil panen ikannya.

3.Kebersihan Air Kolam Lebih Terjaga

Tidak bisa dipungkiri jika para pembudidaya ikan tawar menggunakan kolam tanah tentu ancaman ikan terkena bibit penyakit dari tanah, polusi, atau bau lumpur sudah tidak terelakkan. Air pada kolam tanah tentu akan sangat sulit diganti karena letaknya langsung pada tanah. Padahal air menjadi media hidup air yang sangat vital bagi kesehatan ikan.

Selanjutnya jika menggunakan kolam semen, ancaman penyakit bisa jadi menyerang pada hasil ikan. Air di dalam kolam semen menyebarkan penyakit saat ada sisa makanan atau ikan mati di dalamnya karena penggantian air lebih sulit dilakukan.

Coba bandingkan dengan kebersihan ikan menggunakan kolam terpal karet bulat. Tentunya penggantian air akan lebih mudah sehingga kualitas air mudah diperhatikan. Kolam terpal sangat mudah ditutup untuk mencegah adanya mangsa yang memakan ikan seperti gangguan kucing, tikus, burung elang, dan lain sebagainya.

Langkah Setelah Pembelian Kolam Terpal Karet dari Penjual

Tentunya para pembudidaya ikan yang masih pemula lebih tertarik membeli kolam terpal yang berdiameter kecil, misalnya 2 meter. Kolam terpal bulat berdiameter 2 meter ini cukup dibanderol dengan harga Rp 761.000,00. Kemudian jika usahanya terus berkembang tentu akan menaikkan kapasitas ukuran terpal dengan memilih kolam terpal yang diameternya lebih besar. Harga kolam terpal per meter siap pakai 2017 untuk ukuran diameter 5 meter ialah Rp 2.500.000,00.

Walaupun setiap pembudidaya ikan membeli kolam terpal dari penjual, tapi tetap saja harus memastikan keawetannya sebagai tempat penyebaran bibit unggul. Beberapa langkah membuat kolam terpal karet bulat yang awet sebagai berikut:

1.Cuci Kolam Terpal dengan Bersih

Pastikan Anda mencuci kolam terpal karet bulat. Alasan mencuci terpal ini agar kolam terpal yang akan dipakai sebagai tempat hidup ikan tidak terkontaminasi oleh berbagai bibit penyakit dari debu.

Terpal yang masih baru juga dikhawatirkan banyak mengandung zat kimia dari pewarna, lem, dan lain sebagainya yang tentu bisa membuat bibit ikan mati. Kematian bibit ikan tentu akan menurunkan hasil panen ikan dan penghasilan para pemasok.

2.Keringkan Kolam Terpal

Setelah kolam terpal dicuci bersih, sebaiknya jangan langsung digunakan atau terburu-buru dipenuhi air sebagai media penyebaran ikan. Waspadalah pada bau sabun yang masih menempel pada terpal, jika masih ada pastikan diguyur dengan air lagi. Jika sudah yakin bersih dan tidak berbau sabun, keringkan kolam terpal sampai benar-benar kering. Waktu pengeringan menyesuaikan cuacanya. Jika ada sinar matahari cerah tentu lebih cepat.

kolam terpal bulat

3.Perhatikan Metode Pengisian Air

Mulailah mengisi air kolam terpal karet bulat setinggi 20 cm. Kemudian taburkan sekitar 100 gram dengan perbandingan setiap per meter persegi kolam untuk mematikan bakteri di bawah terpal. Biarkan kondisi ini hingga tiga hari.

Setelah tiga hari usai, isilah kolam terpal dengan air sesuai dengan banyaknya benih. Jika diukur tingginya 80 cm. Tapi pada tahap ini jangan masukkan benih terlebih dahulu. Tambahkan pupuk organik dengan ukuran 10 ml perbandingan per meter persegi. Jika tidak ada pupuk organik, bisa juga masukkan katalis plankton dengan bakteri nitro sebanyak 10 ml setiap meter perseginya. Biarkan kondisi ini selama 7 hari.

4.Penyebaran Benih ke Dalam Kolam Terpal

Pastikan fito plankton sudah mulai tumbuh membentuk lumut di dalam kolam terpal. Fito plankton ini baik untuk media hidup ikan air tawar, khususnya jika budidaya lele . Pertumbuhan fito plankton ditandai dengan warnanya yang kehijauan. Masukkan benih ke dalam kolam terpal. Sebelumnya benih ikan sudah direndam terlebih dahulu. Ternak-Ikan-Lele

Setiap pembudidaya ikan berorientasi pada kualitas ikan. Tentu menjadi suplier ikan yang berkualitas tidak lepas dari kepastian kolam terpal yang dipakai harus lah awet, kuat, mampu menahan tekanan air, warna tidak cepat memudar karena terkena sinar matahari secara langsung. Ada baiknya pembudidaya ikan juga bekerja sama dengan jasa jual kolam terpal yang berkualitas agar mendapat yang terbaik.