kolam terpal diameter 1 meter untuk 1000 ekor ikan lele

Cara Membuat Kolam Terpal Diameter 1 Meter untuk 1000 Ekor Ikan Lele

Bisnis apa yang menggiurkan untuk masa-masa sekarang ini? Jawaban jitu yang bisa diperhitungkan ialah budidaya ikan lele. Ikan lele menjadi makanan yang selalu ada di setiap warung makan, pemancingan, bahkan restoran.

Menu ikan lele disukai oleh masyarakat segala usia. Bukan hanya orang dewasa, tapi anak-anak hingga tua. Bahkan ikan lele yang masih mentah pun banyak diperjualbelikan di pasar tradisional hingga supermarket besar. ikan lele 1000 ekor

Usut punya usut, banyak pelaku budidaya ikan yang mendapatkan panen ikan lele lebih banyak dan berkualitas karena menggunakan kolam terpal.

Rahasia Sukses Ternak Ikan Lele dengan Kolam Terpal

Usaha dapat berkembang pesat jika dimulai dengan kesungguhan. Kesungguhan yang dimaksud ialah konsistensi dan daya juang. Jangan sampai menyerah jika nantinya banyak mendapati kendala yang terjadi di lapangan. Tips sukses yang bisa dipakai sebagai berikut:

1.  Pilihlah Ikan Lele Dumbo Jenis Sangkuriang

Anda bisa membeli benih ikan lele dumbo berjenis sangkuriang agar hasil panennya lebih maksimal. Ikan lele berjenis sangkuriang memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Kualitasnya pun terkenal dengan rasanya yang lebih enak. Dari segi kualitas, ikan lele berjenis sangkuriang lebih tahan dari berbagai macam penyakit.

2. Perhatikan Cara Budidaya Ikan Lele yang Benar

Ikan lele harus hidup dengan suhu sekitar 30 derajat Celcius. Lokasinya bisa dimana saja, asalkan mendapat sinar matahari secara langsung.

3. Kolam Pembesaran Ikan Lele

Jika Anda ingin menebar benih lele sebanyak 1000 ekor, maka persiapkan kolam terpal berukuran 5×2 meter. Ukuran tersebut merupakan ukuran minimal, jadi benih yang ditaburkan jangan sampai lebih dari 1000 benih karena hasilnya tidak akan maksimal.

kolam terpal diameter 3 meter

4. Pembuatan Kolam Terpal yang Berkualitas

Persiapkan kolam terpal yang dibuat dengan terpal yang berkualitas, kira-kira harganya Rp 9.000,00 per meter. Buatlah kolam dengan menggunakan terpal berukuran 5×2 meter. Langkah membuat kolam berbahan terpal untuk ikan lele sebanyak 1000 ekor ialah sebagai berikut:

  1. Pisahkan bambu yang digunakan sebagai pasak untuk melingkari kolam di lahan agar terhindar dari berbagai gangguan atau mangsa.
  2. Belahlah bambu menjadi dua, kemudian paku pasak ke dalam tanah sampai kuat.
  3. Pasangkan terpal ke dalam lubang dari ring yang sudah dipasang ke dalam pasak yang sudah dipasang. Ikat terpal ke dalam rangka bambu yang sudah dipasang.
  4. Pasanglah pipa atau saluran pembuangan untuk mengontrol kadar air di dalam kolam.

5. Perawatan Kolam Terpal Agar Ikan Lele Berkualitas

Penggunaan kolam berbahan terpal harus diperhatikan sebelum penggunaannya. Jangan lupa dicuci bersih terlebih dahulu agar tidak berbau lem. Lem akan membunuh lele jika sudah dialiri dengan air.

Setelah dicuci bersih, pastikan Anda mengeringkan kolamnya sampai kering. Kemudian mulailah memasukkan air dan periksalah apakah ada kebocoran atau tidak.

Jika Anda sudah menentukan pembenihan sebanyak 1000 ekor lele, maka pastikan Anda pun juga mengeceknya setiap hari. Kondisi kesehatan lele perlu dipastikan, adakah yang mati atau tidak. Jika ada segera ambil dan dibuang agar tidak menularkan penyakit pada benih ikan yang lainnya.

Banyak nilai plus yang akan Anda dapatkan jika berbudidaya ikan lele sebanyak 1000 ekor menggunakan bahan terpal. Terpal membuat kondisi ikan lele yang dipanen lebih berkualitas. Resiko pencemaran sangat sedikit jika dibandingkan menggunakan kolam tanah. Semangat mencoba membudidayakan ikan lele dengan kolam terpal ya!

harga kolam bulat terpal