Cara budidaya ikan lele di lahan sempit dengan kolam terpal

Manfaatkan Teras Rumah Anda untuk Budidaya Lele dengan Baik dan Benar

Banyak orang kebingungan bagaimana caranya mendapat pundi-pundi rupiah, tidak pernahkah kalian terbesit mencoba menerapkan cara budidaya lele ? Sekarang 1 USD saja sudah Rp 13.333,00 lho, terus bagaimana bangsa Indonesia bisa terus maju? Kemajuan bangsa dimulai dari kita sobat, kalau kita memiliki pendapatan yang cukup, tentunya perkapita bisa naik. jual kolam terpal lele bulat

Oke kembali ke fokus diri kita masing-masing, kalian memiliki teras rumah kan? Setiap teras rumah sekalipun sempit bisa lho dimanfaatkan untuk budidaya lele. Banyak pembudidaya lele yang sudah sukses dan terus mengembangkannya di lahan yang lebih luas, ternyata diawali dengan memanfaatkan teras rumah lho sobat.

Menyulap Teras Rumah Menjadi Sumber Pendapatan

Rezeki yang halal tanpa uang transportasi? Ya teras rumah jawabannya. Beberapa langkah serta gambaran yang bisa diambil untuk menyulap teras rumah menjadi tempat budidaya lele sebagai berikut:

1.Membuat Kolam dengan Terpal

Mau tahu cara budidaya lele yang berkualitas? Disarankan untuk menggunakan kolam terpal. Terlebih di teras rumah yang lahannya sempit. Jika Anda menggunakan kolam terpal tentunya sudah tidak takut lagi dengan biaya pembuatan beton, longsoran tanah, ancaman polusi dari tanah, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli kolam terpal dengan diameter yang sesuai dengan luas lahan. Misalnya saja kolam terpal dengan diameter 2 meter.

membuat kolam terpal bulat diameter 2 meter

2.Penyebaran Benih ke Dalam Terpal

Setelah dibeli, pastikan kolam terpal sebelumnya sudah dicuci hingga bersih sehingga tidak ada zat berbahaya dari lem, zat pewarna, dan lain sebagainya. Keringkan kolam terpal hingga benar-benar tidak ada bau lem dan zat yang bisa membunuh lele lainnya.

bibit lele

 Isi kolam jangan penuh dulu, sekitar ¼ dulu, taburi garam supaya kuman mati, kemudian diamkan selama satu hari. Barulah masukkan air secara maksimal, tapi jangan sampai terlalu penuh. Taburi dengan pupuk organik atau pun katalis plankton. Diamkan selama 7 hari, baru lah Anda taburkan benih lele. Sebab selama 7 hari, akan tumbuh lumut sebagai rumah lele sehingga lele bisa lebih sehat ketika dibudidaya.

Pastikan sebelum benih lele disebar, Anda sudah memperhatikan beberapa hal ini:

  1. Biasakan lele berada pada suhu kolam dengan mengapungkan bibit lele ke dalam ember yang diapungkan ke dalam kolam.
  2. Miringkan ember, biarkan air kolam masuk perlahan sehingga lama-lama terbiasa dengan air kolam.
  3. Penyebaran lele harus lah pagi dan sore hari, sebab penaburan ketika siang dapat membuat lele mengalami stress.
  4. Jumlah benih yang ditaburkan jangan melebihi kapasitas kolam agar hasilnya berkualitas.

3.Perhatikan Pakan Lele

Berikan pakan lele berupa campuran pelet, daun pepaya yang sudah dicincang sebelumnya, dan sayuran segar yang lain. Penambahan sayuran hijauan yang masih segar ialah upaya agar lele yang dihasilkan lebih berkualitas dan rasanya gurih. Mencampurkan pelet dengan hijauan juga membuat lele lebih bernutrisi.

4.Pasang Aeratoraerator untuk kolam

Aerator sangat dianjurkan dalam budidaya lele di dalam kolam terpal yang ukurannya sempit. Aerator fungsinya untuk menambah oksigen dan merangsang nafsu makan ikan lele. Penambahan ikan lele bisa membuat lele cepat gemuk dan bisa segera dipanen dengan hasil yang berkualitas.

Bagaimana sobat? Mudah sekali bukan menyulap teras rumah menjadi budidaya lele ? Jangan sampai mengeluh lagi ya karena tidak ada penghasilan. Teras rumah pun bisa dijadikan obyek cara budidaya lele.